Jumat, Mei 29, 2009

Penggunaan Komputer dengan Posisi yang Benar

Penggunaan Komputer dengan Posisi yang Benar

Memang banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pemakaian komputer, tetapi belum banyak yang mengetahui bahwa penggunaan komputer juga dapat menimbulkan masalah. Masalah-masalah yang dimaksud adalah penyakit-penyakit pemakaian komputer, terutama bila bekerja dengan komputer dalam waktu yang lama dan terus menerus. Oleh karena itu, Posisi duduk dalam menggunakan kompter harus diperhatikan agar kenyamanan pengguna komputer dapat dirasakan dan tidak menimbulkan berbagai penyakit.

Posisi Duduk

Untuk menghindari atau meminimalkan kecelakaan kerja perlu diperhatikan posisi duduk. Posisi duduk berhubungan dengan meja dan kursi komputer yang digunakan. Meja dan kursi adalah salah satu sumber penyakit dalam bekerja dengan komputer, karena sebagai alat penunjang kerja yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan kerja operator komputer. Kelelahan kerja akan cepat timbul bila meja dan kursi tidak memenuhi persyaratan kerja yang baik. Berikut ini uraian yang dapat Anda jadikan acuan sehubungan dengan keselamatan kerja dari posisi duduk.
a. Mengatur dan Memilih Meja Komputer

  • Meja dilengkapi dengan alat sandaran kaki (foot Rest).
  • Bagian bawah meja memberikan ruang gerak bebas bagi kaki.
  • Tinggi meja komputer sekitar 55 – 75 cm (disesuaikan dengan ukuran kursinya dan juga disesuaikan dengan tinggi operatornya).

b. Mengatur dan Memilih Kursi

  • Kursi fleksibel yang dapat mengikuti lekuk punggung dan sandarannya (back rest) serta tingginya dapat diatur.
  • Tinggi kursi disesuaikan kaki operator agar tidak menggantung pada saat duduk. Kaki yang menggantung akan cepat menimbulkan kelelahan.
  • Kursi operator komputer dilengkapi dengan 5 kaki dan diberi roda, sehingga tidak mudah jatuh dan mudah digerakkan ke segala arah. Hal ini penting agar operator dapat leluasa menggeliat atau merenggangkan tubuh untuk mengurangi kelelahan.

c. Mengatur Meja dan Kursi

  • Meja dan kursi diatur dengan baik, yaitu antara tangan dan lengan membentuk sudut tumpul(>90 derajat).
  • Kaki dapat bersandar pada sandaran kaki (foot rest) sehingga kaki dapat leluasa bergerak di bawah meja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar